Monday, May 19, 2014

Biografi Maria Gaetana Agnesi





Biografi Maria Gaetana Agnesi - Dalam postingan kali ini saya akan sedikit membahas tentang Biografi Maria Gaetana Agnesi. mungkin anda asing dengan nama ini begitu juga dengan saya mari kita jelajahi bersama siapa sebenarnya Maria Gaetana Agnesi itu. Beliau Lahir di Milan, Italia pada tanggal 16 Mei 1718 dan meninggal di Milan, Italia Pada tanggal 9 Januari 1799 berarti jika di lihat dari tahun lahir dan tahun meninggalnya kita bisa hitung umur beliau kurang lebih 80 tahun. Beliau adalah seorang filosuf dan matematika di Milan tempat kelahiranya  beliau juga mampu menguasai bahasa latin seperti bahasa Yunani, Bahasa Ibrani dan beberapa bahasa lainya pada usia baru menginjak 9 tahun. Pada usia menginjak usia 20 tahun beliau memulai sbuah karya yang penting sebuah buku ajar Kalkulus, pada masa itu karaya beliau sangat di kagumi banyak masyarakat setempat sejak karya dini I'Hospital, Buku tersebut banyak menerima penghormatan yang luar biasa salah satunya buku tersebut sudah di akui oleh Kaisar Maria Theresa dan  Paus Benediktus XIV.

Nama Agnesi sudah menguasai suatu tempat di perpustakaan matematika melalui sumbangan kecil dari Maria yaitu membahas tentang kurva yang dikenal sebagai versiera, yang berasal dari bahasa latin vertere yang artinya membalik Kurva tersebut juga memiliki sebuah julukan yaitu " Kurva sihir dari Agnesi"  Karena  versiera dalam bahasa Italia bisa disebut juga Iblis Betina.

Pada peringatan ke 100 tahun kematianya kota Milan sangat menghormatinya sebagai tanda jasa tersebut Kota Milan Memberi nama jalan atas nama Agnesi, juga terdapat sebuah batu permata di bagian depan gedung yang bernama Luogo Pio yang bertulisakan sebuah prasasti  yang isinya terpalajar matematika, sungguh prestasi yang mengagumkan dari Maria Gaetana Agnesi.

Demikian artikel yang saya buat tentang Biografi Maria Gaetana Agnesi seorang filosuf Matematika yang bisa mnguasai bahasa latin di usia 9 tahunya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, dan saya ucapkan banyak terimakasih atas kunjunganya.

Related Posts

Biografi Maria Gaetana Agnesi
4/ 5
Oleh